Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Rabu, 10 Juli 2019

Tanggapan Pengamat Transportasi Soal ETLE, Pelanggaran Berkembang, Penindakan Juga Harus Berkembang

Petugas kepolisian Traffic Managemet Center memantau lalu lintas di Ruang Monitoring, Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (1/7/2019). Ditlantas Polda Metro Jaya mulai menerapkan empat fitur tambahan pada kamera tilang elektronik atau E-TLE (electronic-traffic law enforcement) mulai hari ini. | AKURAT.CO/Dharma Wijayanto Sumber Foto: akurat.co
Penerapan sistem ETLE ini tak lepas dari upaya Polri untuk menjawab kebutuhan peningkatan pelayanan dan penegakan peraturan lalu lintas sesuai perkembangan zaman. 
Hal ini pun menjadi sorotan pengamata Transportasi Azas Tigor Nainggolan. Menurut alumnus UKI ini sudah saatnya Polri menggunakan perkembangan teknologi untuk melakukan penindakan kepada pelanggar lalu lintas.
"Hal ini tak bisa terelakan, di samping itu perilaku manusianya juga terus berkembang termasuk perilakunya  melanggar peraturan tetap saja dikarenakan pengawasan yang masih kurang tegas. Begitu pula perilaku melanggar peraturan lalu lintas saat ini sudah semakin berat kualitas serta kuantitasnya. Oleh karena itu perlunya terobosan mutakhir dibidang penegakan hukum berlalu lintas (E-TLE)," ujar dia kepada wartawan Kamis (11/7/2019).
Menurut dia, jumlah kecelakaan lalu lintas di jalan raya masih dominan disebabkan oleh pengendara yang melanggar lalu lintas.
"Setiap kali dilakukannya operasi Khusus penegakan atau Tertib Lalu Lintas oleh pihak Kepolisian selalu saja menindak puluhan ribu pelanggar," tegas dia. 
Oleh karenanya jika Polri tidak membuat terobosan seperti ETLE maka setiap tahunnya angka kecelakaan akan terus bertambah. Apalagi, ia menilai penilangan secara manual masih kurang efektif karena hanya dilakukan ditempat yang dikehendaki saja.
Ia berharap, sistem ETLE bisa segera diperbanyak demi memperbaiki sistem lalu lintas terutama membuat masyarakat bisa tertib di jalan raya.
"Untuk menekan pertumbuhan angka pelanggaran tersebut harus ada terobosan atau inovasi dalam cara pengawasan dan penegakan peraturan lalu lintas di lapangan atau di jalan raya. Peluncuran inovasi sistem ETLE merupakan sejara baru pengawasan dan keselamatan berlalu lintas," tutup dia.[]
Sumber: akurat.co
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive