Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Kamis, 11 Juli 2019

Mantan Kapolda Metro Jaya Sempat Diperiksa dalam Kasus Novel Baswedan, Ini Jawaban TGPF

Penyidik senior KPK Novel Baswedan (kiri) saat menjadi pembicara dalam diskusi yang bertema 'Teror dan Kriminalisasi Terhadap Para Penegak Hukum' di kawasan Sabang, Jakarta Pusat, Sabtu (23/2/2019). Sejumlah teror yang menimpa para penegak hukum membuat keprihatinan bagi bangsa ini, terutama juga kasus penyiraman air keras yang dialami oleh Novel Baswedan. | AKURAT.CO/Sopian Sumber Foto: akurat.co
Mantan Kapolda Metro Jaya Komjen Iriawan mengaku pernah dimintai klarifikasi oleh Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus penyiraman air keras ke Novel Baswedan.
Anggota Pakar TGPF Novel, Hendardi menyebut pemeriksaan terhadap Iriawan hanya sebatas saksi. 
"Untuk menepis berbagi isu, betul Komjen Iriawan kita periksa dalam konteks beliau sebagai Kapolda," kata Hendardi di Gedung Kemensetneg, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2019).
Hendardi menjelaskan, Iriawan dan Novel memang sering bertemu pascapenyiraman air keras. Pertemuan terjadi baik Iriawan yang mendatangi Novel maupun Novel yang datang ke Polda Metro Jaya untuk menemui Iriawan. 
"Jadi kalau orang diperiksa biasa saja sebagai saksi. Saksi karena hubungan itu ada," jelasnya.
"Hubungannya apa? Misalnya dia Novel pernah ke Polda Metro, Pak Iriawan juga pernah mengunjungi Novel ketika kejadian itu maupun sebelum, sesudahnya pernah. Itu yang kami periksa," imbuhnya.
Hendardi menilai wajar jika dalam pengusutan suatu kasus akan banyak pihak yang diperiksa, termasuk jenderal Polri.
"Kan disini saksinya kami periksa juga. Saksinya betul pembicaraan ini saja atau ada pembicaraan lain dan sebagainya. Jadi jangan dipandang sebagai negatif bahwa jenderal ini pasti yang menjadi tersangka. Itu hanya sebagai saksi," tegasnya. 
Diketahui, TGPF kini telah menyelesaikan proses investigasi. Hasilnya pun telah diserahkan kepada Polri dan akan diumumkan pekan depan. Laporan yang telah disampaikan setebal 170 halaman. Laporan itu juga dilengkapi dengan lampiran.[]
Sumber: akurat.co
SSdadadada
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive