Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Selasa, 23 Juli 2019

Pagi Ini, Bali Digoyang Gempa 4,9 SR

Ilustrasi Gempa Bumi | Istimewa
Bali kembali diguncang Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 SRGempa 4,9 SR mengguncang pada Rabu (24/7/2019) pukul 09.29.13 WITA.
Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,9 SR, dimutakhirkan menjadi 4,6 SR.
Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8.98 Lintas Selatan (LS) dan 114,17 Bujur Timu (BT). Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 84 kilometer barat daya Jembrana, pada kedalaman 71 kilometer.
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi berkedalaman menengah ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis naik mendatar (oblique thrust fault).
"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujar Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, M. Taufik Gunawan, dalam rilis tertulis, Rabu (24/7/2019).
Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Kuta IV MMI, Denpasar, Banyuwangi, dan Jember III MMI, Gianyar, Tabanan, dan Lombok Utara II MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami
"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," terang Taufik. []
Tag: Gempa, Bali, BMKG
Sumber: akurat.co
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive