Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Kamis, 08 Agustus 2019

Cerita Sapi Kurban Jokowi Bernama Si Black, Dimandikan Seminggu Dua Kali

Sapi kurban sumbangan Presiden Jokowi | AKURAT.CO/Kumoro Damarjati Sumber Foto: akurat.co
Di Iduladha kali ini, Presiden RI Joko Widodo turut menyumbangkan dua sapi untuk dikurbankan warga Daerah Istimewa Yogyakarta dan secara simbolis diserahkan di Kantor Gubernur DIY, Komplek Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (9/8/2019).
Dua sapi diserahkan kepada takmir Masjid Nur Maunah, Gunungkidul, dan takmir Masjid Istana Negara Yogyakarta, melalui Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X. Di waktu bersamaan juga menyerahkan tujuh ekor sapi sumbangan pemerintah DIY untuk masjid lainnya.
Saat penyerahan, sapi sumbangan Jokowi nampak gagah berdiri sejajar dengan sapi lainnya. Hanya saja, ukurannya sedikit lebih besar.
Satu yang disumbangkan ke Gunungkidul, berjenis simmetal. Berwarna dominan hitam, putih dan berbobot 1,1 ton. Dibeli dari seorang peternak bukan kelompok di Salam, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, bernama Sulistyanto.
Sulistyanto menceritakan bagaimana ia membesarkan sapi yang diberi nama Si Black. "Perawatan, makan dan nutrisi harus terjaga. Makanannya ketela, ampas tahu, katul, dan folat" katanya.
Sapi kurban sumbangan Presiden Jokowi. AKURAT.CO/Kumoro Damarjati
Guna menjaga kesehatannya agar tetap prima, Sulistyanto secara rutin memberikan vitamin. "Vitamin B, vitamin buat kesehatan sama obat cacing. Biar tetap sehat, pertumbuhannya terjaga," ujar dia.
Si Black dimandikan seminggu dua kali. Selain itu, kandang juga harus dipertahankan kebersihannya.
Sapi jantan ini sudah dipelihara sejak tiga tahun lalu. Dibeli saat baru berusia setahun. "Dulu beli awal Rp18,5 juta, terus terjual Rp100 juta," kata dia.
Sulistyanto mengatakan sapinya dibeli tiga minggu lalu oleh tim pencari hewan kurban. "Bisa menjual ke Pak Presiden kan kebanggaan tersendiri," kata dia.
Sementara, satu sapi kurban dari Jokowi lainnya yang diserahkan ke takmir Masjid Istana Negara Yogyakarta berjenis peranakan ongole  berwarna putih dan berbobot 1,03 ton.
"Usianya lima tahun. Untuk perawatan, makanan, biasa. Sama seperti sapi lain," kata Sukis, peternak asal Argomulyo, Cangkringan, Sleman. []
Tag: Kurban, Joko Widodo, Yogyakarta, Gunungkidul, Sapi, Istana
Sumber: akurat.co
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive