Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Jumat, 23 Agustus 2019

Tolak Wanita Kulit Hitam Sebagai Penjaga Rumah, Pastor Ini Salahkan Anjingnya yang Rasis

Ilustrasi anjing hitam | BCZ
Seorang wanita kulit hitam di Tennessee baru-baru ini mengajukan pengaduan diskriminasi terhadap seorang pastor Katolik dan parokinya setelah ditolak bekerja karena warna kulitnya. Namun, pastor tersebut membantah bahwa dirinya rasis dan mengatakan bahwa anjingnyalah yang rasis.
Peristiwa bermula saat Emily Weaver memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya. Ia kemudian datang ke Gereja Katolik Inkarnasi, untuk memperkenalkan penggantinya yang bernama LaShundra Allen.
Mereka pun bertemu dengan Pastor Jacek Kowal. Saat ditanya apakah LaShaundra cocok sebagai pengganti, pihak gereja mengatakan bahwa LaShaundra bukan pengganti yang cocok karena anjing imam bersikap rasis.
"Maaf, kami tidak bermaksud bersikap kasar, tetapi anjing itu tidak suka orang kulit hitam," kata sekretaris Kowal, dilansir dari laman Oddity Central, Jumat (23/8).
Meski telah disarankan untuk mengandangkan anjingnya, sang pastor diduga tidak menginginkan LaShaundra ada di sana. Hal ini pun ditanggapi oleh LaShaundra lewat sebuah surat.
“Saya merasa sangat tidak terhormat sebagai wanita kulit hitam. Dia membuat saya merasa sangat rendah karena warna kulit saya. Ini seharusnya menjadi hari pertama saya dan itu adalah salah satu hari paling merendahkan dalam hidup saya," kata LaShaundra dalam suratnya.
"Saya bahkan tidak tahu harus berkata apa. Mereka bertingkah seolah saya seharusnya baik-baik saja dengan itu. Bermain-main dengan hal tersebut dan saya hanya bisa mengatakan bahwa itu bukanlah hal yang baik. Anda baru saja mengatakan kepada saya bahwa Anda tidak ingin saya di rumah Anda karena saya berkulit berwarna," kata Allen.
Alih-alih mengutuk sikap Pendeta Jacek Kowal, Keuskupan Katolik Memphis membela dia, mengatakan bahwa terlepas dari pilihan kata-kata yang buruk, niatnya adalah untuk melindungi LaShaundra dari anjing yang rasis'.
“Meskipun pilihan kata-kata anggota staf paroki sangat disayangkan dan tidak tepat, mereka tidak dimotivasi oleh semangat rasial. Sebaliknya, kekhawatiran dari semua yang terlibat adalah keselamatan para wanita ini, salah satunya adalah orang asing bagi anjing, dan mereka tahu bahwa upaya untuk memelihara anjing akan berbahaya ketika pemiliknya tidak ada. Kekhawatiran mereka adalah untuk mencegah pekerja mereka cedera,” kata Keuskupan dalam sebuah pernyataan.
Pernyataan bahwa anjing peliharaan sang pastor rasis dibantah oleh Emily yang mengatakan bahwa anjing bernama Caesar itu merupakan anjing yang baik dan tidak pernah menunjukkan tanda-tanda agresif.
“Saya telah memperhatikan Pastor bersama Caesar dan dia adalah anjing yang sangat terlatih. Saya tidak pernah sekalipun melihat tanda-tanda agresi dari Caesar. Dia akan duduk di dekat pintu dan menunggu ketika dia mendengar mobil saya berhenti," kata Emily.
Namun, pihak keuskupan mempertahankan pernyataan mereka. Keuskupan menegaskan bahwa keputusan staf gereja untuk memalingkan perempuan kulit hitam itu dibenarkan oleh sejarah Caesar dengan orang-orang kulit hitam.
"Staf itu menyadari bahwa bertahun-tahun yang lalu anjing itu telah diancam oleh seseorang yang kebetulan adalah orang Afrika-Amerika, menyebabkan anjing itu agak lebih gelisah pada awalnya di sekitar orang asing dengan kulit yang lebih gelap," kata mereka lewat sebuah pernyataan. []
Tag: Rasis Tennessee, Amerika Serikat
Sumber: akurat.co
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive