Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Senin, 19 Agustus 2019

Bentangkan Merah Putih Raksasa di Bawah Laut, Kodam XIII/Mdk Pecahkan Rekor MURI 2014


Tim Kodam XIII/Mdk berhasil pecahkan rekor MURI setelah membentangkan bendera Merah Putih di bawah laut Malalayang, Manado | Dok. Dispenad
Rekor MURI 2014, berhasil dipecahkan oleh Tim Kodam XIII/Merdeka (Mdk) pimpinan Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Joseph Robert Giri, setelah berhasil membentangkan bendera Merah Putih raksasa di bawah laut kawasan Pantai Malalayang, Manado.
Kapendam XIII/Merdeka, Kolonel Kav M. Jaelani, mengungkapkan bahwa pembentangan bendera Merah Putih dengan panjang 500 meter dengan lebar 6 meter di 

Pantai Boboca yang berada di kawasan Malalayang, Kamis (15/8/2019) itu dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-74.

"Sekaligus untuk memecahkan rekor sebelumnya yang pernah dilaksanakan di Mamuju, Sulawesi Barat, pada 2014 silam," ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima AKURAT.CO, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Berkenaan dengan kegiatan itu, Jaelani mengatakan bahwa Tim Kodam yang dipimpin Danrem 131/Santiago itu melibatkan 26 kapal yang membawa 300 siswa-siswi.
"Dalam aksi yang disaksikan ribuan masyarakat, termasuk Forkompimda (Sulut), mereka bertugas untuk menyerahkan bendera Merah Putih terbesar itu kepada personel yang menyelam di dalam laut," katanya.
Awalnya, lanjut Jaelani, Brigjen Joseph Giri dan timnya sedikit mengalami kesulitan akibat arus yang cukup kencang di dasar laut.
"Jumlah personel yang terbatas (74 orang), ditambah dengan bendera yang besar dan berat, maka pembentangan bendera itu semakin sulit. Tapi berkat ketahanan fisik yang terlatih, ditambah kekompakkan serta kerja sama yang baik, tugas ini dapat diselesaikan," ujarnya.
Setelah menerima penghargaan dari MURI, Pangdam XIII/Mdk Mayor Jenderal TNI Tiopan Aritonang, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya  Selam Kebangsaan yang telah memecahkan Rekor MURI itu.
Menurutnya, selain sebagai sarana komunikasi sosial, kegiatan itu juga untuk memasyarakatkan olahraga selam kepada warga Sulut.
"Bagaimanapun juga, salah satu ikon pariwisata Kota Manado dan Provinsi Sulawesi Utara adalah keindahan taman lautnya. Kemudian dengan kegiatan ini, mari kita ambil hikmahnya dan renungkan bersama jerih payah para pahlawan pendahulu bangsa," ungkapnya.
Sementara itu, selain mengucapkan terima kasih kepada Kodam XIII/Mdk, Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang turut menyaksikan kegiatan itu menyampaikan bahwa kondisi Pantai Manado sangat cocok untuk penyelaman bersama dengan jumlah peserta sangat banyak.
"Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Sulut, Gubernur mengucapkan terima kasih atas peran serta Kodam XIII/Merdeka pada kegiatan penyelaman di Pantai Manado ini," ujarnya.
Wakil Direktur MURI, Osmar Semesta Susilo, mengatakan bahwa pembentangan bendera dalam menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan RI ini telah memecahkan rekor sebelumnya di Mamuju, Sulbar.
"Yakni sepanjang 69 meter. MURI hari ini dengan bangga memberikan piagam penghargaan atas rekor pembentangan bendera Merah Putih terbesar di bawah laut," pungkas Osmar.
Adapun Tim yang dipimpin Brigjen TNI Joseph Giri itu berasal dari Makodam XIII/ Merdeka, Korem 131/ Santiago dan Yonif Raider 712/Wiratama.[]
Tag: Bendera, Merah Putih, Rekor, MURI, Bawah Laut, Kodam XII/Mdk
Sumber: akurat.co
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive