Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Selasa, 07 Mei 2019

Ramadan di Masjid Jami Kampung Baru Pekojan

Masjid Jamin Kampung Baru, Pekojan | AKURAT.CO/Miftahul Munir | Sumber Foto: akurat.co
Bulan Ramadan merupakan bulan yang memiliki makna tersendiri bagi umat Islam. Umat Islam akan berlomba-lomba melakukan kebaikan di bulan Ramadan ini. Tidak hanya berpuasa sebagai amalan wajib, tapi juga melaksanakan solat Tarawih, tadarrus quran, berinfak dan i'tikaf di masjid-masjid dan kegiatan baik lainnya.
Bicara Ramadan maka tak lepas dari kegiatan-kegiatan yang digelar masjid dan musola. AKURAT.CO, mencoba menapak tilas sejumlah masjid tua di Jakarta selama Ramadan. Salah satunya Masjid Jami Kampung BaruPekojan, Jakarta barat.
Wakil Ketua Masjid Jami Kampung Baru Iwan mengatakan, kegiatan selama Ramadan di masjid ini tak jauh berbeda dengan masjid lainnya. Masjid Jami Kampung Baru setiap bulan suci Ramadan dipadati oleh jamaah yang sholat tarawih.
"Seminggu ini pasti ramai (jamaah tarawih) tapi kalau pekan kedua sampai pekan ke empat mungkin sepi karena ada yang pulang kampung dan sebagainya," terang dia.
Sedangkan untuk sholat tarawih juga sama tidak ada perbedaan seperti masjid lainnya.
Iwan mengatakan, Masjid yang dibangun pada 1817 ini adalah peninggalan Belanda. Dan masjid ini masuk dalam Cagar Budaya Kota Jakarta. Sayangnya, kata Iwan, tidak ada keseriusan pemerintah daerah menjaga aset budaya ini. []
Sumber: akurat.co
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive