Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Selasa, 14 Mei 2019

5 Tips Jitu Mengontrol Kolesterol saat Bulan Ramadan

Ilustrasi minuman penurun kolesterol | LIFEALTH.COM
Bulan puasa tidak menjadi jaminan kamu terbebas dari masalah penyakit kolesterol lho. Sebagian orang malah mengalami peningkatan kolesterol yang lumayan tinggi saat Ramadan. Hal tersebut bisa disebabkan akibat adanya pola makan tidak teratur saat berbuka dan sahur yang menjadi salah satu penyebabnya.
Biasanya, kita langsung kalap saat melihat berbagai hidangan yang lezat yang dihidangkan untuk berbuka puasa. Akibatnya, kolesterol dalam tubuh jadi meningkat.
Menurut para ahli, sebutir telur saja sudah mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Bayangkan saja jika saat berbuka kita mengonsumsi makanan yang digoreng, bersantan, atau berlemak? Berapa banyak kolesterol yang masuk ke dalam tubuh kita?
Nah, di bawah ini ada 5 tips jitu untuk mengontrol kolesterol saat jalani puasa, yang sudah dihimpun oleh AKURAT.CO dari berbagai sumber pada Rabu (15/5).
1. Mengatur asupan
ISTIMEWA
Untuk menghindari meningkatnya kolesterol, asupan makanan untuk berbuka puasa dan sahur harus diperhatikan. Kamu bisa mengkonsumsi outmeal atau ikan salmon untuk membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuhmu.
2. Olahraga
ISTIMEWA
Olahraga tentu saja sangat membantumu dalam memerangi kolesterol dalam tubuh. Kamu bisa melakukannya pada malam hari setelah berbuka.
3. Konsumsi obat penurun kolesterol
ISTIMEWA
Mengonsumsi obat penurun kolesterol tentunya sangat membantu. Tapi perlu diperhatikan juga, sebaiknya obat tersebut harus berdasarkan resep dari dokter ya.
4. Konsumsi makanan yang mengandung taurin
ISTIMEWA
Taurin adalah jenis asam amino yang dapat berfungsi sebagai pengendali kadar kolesterol dalam tubuh. Makanan yang mengandung taurin antara lain jamur, sayur bayam, dan brokoli.
5. Menjaga porsi makan
ISTIMEWA
Selain tips di atas, kamu juga bisa mengatur kolesterol dengan menjaga porsi makan. Mulailah dengan mengurangi porsi makanan yang berlebih, agar jumlah kolesterol dapat diatur dengan mudah oleh tubuh kita.
Itulah 5 tips mengontrol kolesterol saat jalani puasa dari AKURAT.CO. Selamat mencoba![]
Sumber: akurat.co
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive