Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Rabu, 01 Mei 2019

Bocorkan Rahasia Negara, Menteri Pertahanan Inggris Dipecat

Menteri Pertahanan Inggris, Gavin Williamson terlihat di luar Downing Street di London, Inggris, 2 April 2019 | REUTERS/Alkis Konstantinidis
Menteri Pertahanan InggrisGavin Williamson dipecat dari jabatannya setelah dituding membocorkan rahasia negara dalam sebuah rapat. Hal itu terungkap melalui sebuah penyelidikan yang menelusuri kerja sama Inggrisdengan Huawei dalam rangka penyediaan jaringan 5G.
Dikatakan bahwa Perdana Menteri Theresa May telah kehilangan kepercayaan pada Gavin. Penny Mordaunt dikabarkan akan menggantikan Gavin sebagai menteri.
Gavin yang telah menjabat sebagai menteri sejak 2017 membantah keras bahwa ia membocorkan rahasia negara.
Dalam pertemuannya dengan Gavin, Theresa May mengatakan ia memiliki bukti kuat yang menunjukkan bahwa Gavin membocorkan rahasia negara.
"Tidak ada versi lain dari peristiwa ini yang dapat dipercaya untuk menjelaskan bahwa kebocoran ini telah diidentifikasi," kata May dalam sebuah surat pemecatan, dilansir dari laman BBC, Kamis (2/5).
Sementara Gavin sendiri mengatakan bahwa penyelidikan yang menyeluruh akan membuktikan bahwa ia tidak bersalah.
"Saya menghargai Anda menawarkan kepada saya pilihan untuk mengundurkan diri, tetapi mengundurkan diri berarti menerima bahwa saya, pegawai negeri saya, penasihat militer saya atau staf saya bertanggung jawab: bukan ini masalahnya," kata Gavin.
Penyelidikan ke kebocoran Dewan Keamanan Nasional dimulai setelah Daily Telegraph melaporkan keputusan Huawei dan peringatan berikutnya di dalam kabinet tentang kemungkinan risiko terhadap keamanan nasional atas kesepakatan dengan Huawei. []
Sumber: akurat.co
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive