Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Selasa, 28 Mei 2019

Bebas Bokek Jelang Lebaran! 5 Tips Jitu Kelola Anggaran

Persiapkan segala hal tentang Lebaran sedini mungkin. Selain itu, persiapkan juga biaya usai Lebaran | Pixabay
Menjelang Lebaran, berbagai macam promo berupa diskon dan promo tersebar di mana-mana. Jenis dan macamnya pun juga begitu beragam. Kalau tidak ada kontrol, kondisi keuangan ketika atau setelah Lebaran malah berubah menjadi muram.
Dilansir dari berbagai sumber, AKURAT.CO mengumpulkan berbagai tips agar setelah Lebaran, anggaran keuanganmu tetap stabil.
1. Anggaran khusus Lebaran
Pixabay
Buat anggaran sederhana yang khusus kamu tujukan untuk membiayai keperluan Lebaran. Dengan membuat anggaran khusus, keuangan lebih bisa dikontrol melalui pembelian yang hanya dibutuhkan saja. Selain itu, kamu juga bisa membuat pos-pos pembelian lebih jelas, sehingga evaluasi nantinya bisa dilakukan dengan mudah.
2. Jangan lupakan biaya mudik dan balik
Pixabay
Biaya untuk balik terkadang sering dilupakan. Tiketnya mungkin tidak lupa, tetapi dana darurat lain seperti tiket naik atau biaya tambahan karena barang yang membeludak untuk dibawa balik ke tanah perantauan bisa saja terlupakan. Maka dari itu, persiapkan dana balik dan mudik sedetail mungkin.
3. Berburu promo dan diskon
Pixabay
Dengan pasar yang makin lebar, banyak para produsen online maupun offline yang terus meningkatkan penjualannya terutama ketika Lebaran tiba. Berangkat dari anggaran yang telah disusun, belanja dapat dilakukan dengan berburu diskon supaya pengeluaran bisa ditekan.
4. Tabungan darurat meksipun sudah ada THR
Pixabay
5. Lakukan persiapan Lebaran secara mandiri
Apapun bisa terjadi. Untuk mengatasinya, tabungan atau dana cadangan perlu dianggarkan untuk mengatasi hal-hal yang bersifat darurat. THR bisa digunakan untuk tambahan anggaran Lebaran. Tetapi dana darurat, kalau keadaan tidak mendesak, tidak perlu digunakan.
Pixabay
Ada banyak barang yang harus dipersiapkan untuk Lebaran. Untuk menyiasati anggaran yang membengkak, kamu bisa membuatnya sendiri. Kue Lebaran atau makanan open house bisa disiapkan dengan membuatnya sendiri. Selain hemat, masak sendiri juga bisa tambah sehat karena bisa memilih bahannya.
Dengan menyusun anggaran dan kemudian menjalankannya, Lebaran tidak hanya bisa hemat, juga bisa nikmat. []
Sumber: akurat.co
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive