Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Minggu, 27 Januari 2019

Gereja Filipina Dibom, ISIS Akui sebagai Dalangnya

Dua Bom bunuh diri dilaporkan meledak pada Minggu (27/1) di sekitar gereja katedral Katholik Roma di pulau Jolo, Filipina selatan. Akibat dari bom meledak tersebut, 20 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka. Mirisnya, hampir semua korban merupakan warga sipil.
Menurut keterangan otoritas setempat, ledakan pertama terjadi pukul 8.45 waktu setempat di dalam Katedral 'Our Lady of Mount Carmel'. Sementara itu, ledakan kedua menyusul tak lama kemudian di depan pintu gereja.
Dilansir dari BBC, kelompok ISIS sudah mengaku sebagai dalang di balik tragedi itu. Dalam pernyataannya, serangan itu dilakukan oleh 'dua pejuang syahid' melawan 'kuil bersalib'.

Pulau Jolo sendiri sudah lama menjadi basis kelompok militan, termasuk kelompok Abu Sayyaf. Beberapa sayap kelompoknya pun telah menyatakan diri berkomplot dengan ISIS.

Sementara itu, Sekretaris Pertahanan Delfin Lorenzana mengecam serangan itu dengan menyebutnya sebagai tindakan pengecut. Bawahan Duterte ini juga mendesak warga setempat agar mau bekerja sama dengan pemerintah untuk melawan segala bentuk terorisme.

"Kami akan mengerahkan semua upaya hukum untuk mengadili pelaku di balik insiden ini," tegas Lorenzana.

Serangan bom itu terjadi tak lama setelah warga di wilayah mayoritas Islam itu melakukan referendum. Hasil dari referendum itu menyatakan mayoritas warga di Filipina Selatan setuju dibentuknya Wilayah Otonomi Bangsamoro.

Namun, warga di Provinsi Sulu, atau tepatnya di Pulau Jolo, tidak menyetujuinya. Hal inilah yang diduga menjadi penyebab ledakan bom Minggu (27/1) kemarin.

Padahal, pemerintah sudah berharap banyak referendum itu bisa menjadi solusi untuk mengakhiri pertempuran puluhan tahun antara separatis Islam dan tentara Filipina.[]

Sumber: akurat.co
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive