Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Rabu, 06 Februari 2019

Konvoi Bantuan Terbesar Untuk Pengungsi Suriah Akhirnya Tiba

Konvoi kendaraan pembawa bantuan telah tiba di tempat puluhan ribu pengungsi Suriah dekat perbatasan Yordania pada Rabu (6/2) waktu setempat. Ini merupakan pengiriman bantuan pertama setelah 3 bulan lamanya. Bantuan itu sangat dibutuhkan oleh para pengungsi.
“Ini konvoi bantuan kemanusiaan terbesar yang mencapai kamp Rukban,” papar pernyataan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Bulan Sabit Merah Arab Suriah (SARC), dilansir dari Channel News Asia.
“Tiga bulan setelah konvoi bantuan kemanusiaan pertama masuk kamp Rukban, SARC bekerja sama dengan PBB terus melakukan tugasnya pada lebih dari 40.000 pengungsi di Rukban,” ungkap pernyataan SARC.
Konvoi 133 truk itu membawa bantuan termasuk makanan dan pakaian anak-anak. Bantuan itu juga termasuk produk layanan kesehatan dan suplai medis.
“Kampanye vaksinasi akan diluncurkan, dengan pengawasan tim medis, untuk imunisasi anak melawan campak, polio, tuberkulosis, dan hepatitis,” papar SARC.
Konvoi itu membawa vaksin untuk hampir 10.000 anak berusia di bawah lima tahun. Pengiriman ini merupakan yang pertama kali mencapai kamp di perbatasan Yordania itu sejak konvoi lebih kecil dari Damaskus pada 3 November.
“Kondisi di dalam kamp sangat menyedihkan dengan banyak pengungsi hanya makan sekali sehari, seringkali hanya roti dan minyak zaitun atau yoghurt,” ujar seorang pengungsi.
Bulan lalu, badan anak PBB, UNICEF menyatakan delapan anak meninggal dunia di kamp itu karena cuaca musim dingin.
“Pengiriman skala besar suplai kemanusiaan penting pada pengungsi yang sangat rentan di Rukban tidak dapat terjadi dalam waktu yang terlalu cepat,” ungkap pelaksana Koordinator Kemanusiaan PBB Sajjad Malik.
Namun dia menekankan perlunya solusi jangka panjang, “Meski pengiriman bantuan ini akan menyediakan dukungan yang sangat dibutuhkan bagi pengungsi di Rukban, ini hanya langkah sementara,” papar Malik. []
Sumber: akurat.co
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive