Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Kamis, 14 Maret 2019

Senat AS Voting Tolak Status Darurat Nasional Trump

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyerukan agar kedua partai bersatu demi pembangunan kembali infrastruktur yang sudah hancur | REUTERS
Langkah besar diambil Senat Amerika Serikat (AS) yang menggelar voting deklarasi darurat nasional Trump. Langkah ini dinilai untuk mengamankan anggaran negara dari pengeluaran untuk dinding yang kontroversial tersebut.
Voting di Majelis Tinggi tersebut menghasilkan suara 59 banding 41 dengan 12 anggota Partai Republikan bergabung dengan Demokrat untuk mengesahkan resolusi.
Trump pun merespons apa yang terjadi, melalui akun Twitternya presiden menuliskan, "VETO!".
Trump sebelumnya telah bersumpah untuk memveto resolusi tersebut apabila resolusi lolos di kedua majelis, Senat dan Kongres.
Dalam semua kemungkinan, masalah darurat nasional pada akhirnya akan diputuskan oleh pengadilan dengan dua hakim yang ditunjuk Trump saat ini duduk di Mahkamah Agung.
Partai Republik yang memilih untuk mengakhiri keadaan darurat nasional Trump di perbatasan selatan AS mengatakan mereka khawatir bahwa presiden masa depan dapat menggunakan cara yang sama untuk melangkahi Kongres dalam rangka mengamankan pendanaan untuk proyek-proyek mereka.
Di sisi lain, Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell berpendapat bahwa Trump bekerja sesuai aturan hukum. Apabila parlemen tidak menyetujui apa yang dilakukan oleh Trump, maka parlemen harus mengubah undang-undang yang menjadi dasar hukum bagi Trump.
Voting tersebut adalah kekalahan kedua Trump atas parlemen setelah sebelumnya parlemen melakukan voting serupa untuk menghentikan dukungan kepada Arab Saudi dalam Perang Yaman.
Itu juga pertama kalinya Kongres memilih untuk memblokir keputusan darurat presiden sejak Undang-Undang Keadaan Darurat Nasional disahkan pada tahun 1976.[]
Sumber: akurat.co
Share:

1 komentar:

  1. Ayo segera bergabung dengan kami di ION.pk.org>:)
    add pin bb 58ab14f.......
    Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama WWW.ION.PK.ORG. :)

    BalasHapus

BTemplates.com

Blog Archive