Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Senin, 18 Maret 2019

Jepang Bahas Sistem Suksesi Kekuasaan, Anggota Keluarga Perempuan Punya Kesempatan

Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko mendengarkan gagaku, musik pengadilan kuno Jepang, pada konser di Istana Kekaisaran pada hari Senin (18/3) | Japan Times
Pemerintah Jepang akan segera membahas sistem suksesi kekuasaan, termasuk pembentukan cabang untuk anggota keluarga kekaisaran perempuan. Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga mengatakan pemerintah akan membahas tentang apakah anggota keluarga perempuan kekaisaran yang menikahi rakyat biasa akan tetap menjadi keluarga kekaisaran atau tidak.
Hukum Rumah Kekaisaran menetapkan bahwa hanya laki-laki yang dapat naik takhta dan mengharuskan perempuan menikah di luar keluarga kekaisaran untuk meninggalkan status kerajaan mereka.
Diskusi menyangkut anggota keluarga perempuan kekaisaran pernah dilakukan sebelumnya, saat itu pembahasannya adalah mengenai apakah perempuan dapat naik takhta. Tetapi Perdana Menteri Partai Demokrat Liberal Shinzo Abe enggan mengubah undang-undang untuk mengizinkan raja perempuan.
"Karena ini adalah masalah yang sangat penting terkait dengan fondasi bangsa, kita harus memberikan pertimbangan yang cermat terhadap masalah ini," kata Abe dalam rapat dengan parlemen, dilansir dari laman Japan Times, Selasa (19/3).
Pembahasan akan dimulai ketika Putra Mahkota Naruhito menggantikan Kaisar Akihito pada 1 Mei mendatang. Kaisar Akihito yang saat ini telah berusia 85 tahun akan turun takhta pada 30 April, ia menjadi kaisar pertama yang masa jabatannya melewati dua era.
Undang-undang satu kali diberlakukan pada Juni 2017 yang memungkinkan dia untuk menyerahkan statusnya kepada putranya yang berusia 59 tahun setelah dia menunjukkan keinginannya untuk mundur.
Parlemen Jepang meminta pemerintah agar suksesi kekuasaan berjalan dengan stabil.
Saat ini ada 18 anggota keluarga Kekaisaran, 13 di antaranya perempuan. Setelah Putra Mahkota naik takhta, hanya akan ada tiga ahli waris laki-laki, adik laki-laki Putra Mahkota yakni Pangeran Akishino, satu-satunya cucu Kaisar Akihito yakni Pangeran Hisahito, dan Pangeran Hitachi, adik lelaki Kaisar Akihito.[]
Sumber: akurat.co
Share:

1 komentar:

  1. Ayo segera bergabung dengan kami di ION.pk.org>:)
    add pin bb 58ab14f.......
    Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama WWW.ION.PK.ORG. :)

    BalasHapus

BTemplates.com

Blog Archive