Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Kamis, 21 Maret 2019

35 Lahan Gambut Tanaman Pakis di Singkawang Selatan Terbakar

Api membakar semak belukar dan pepohonan akasia di kawasan hutan konservasi, Medang Kampai, Dumai, Riau, Minggu (3/2/2019). Kebakaran hutan dan lahan gambut yang terjadi di kawasan hutan konservasi itu sudah berlangsung selama tiga hari akibat cuaca panas dan diperkirakan kebakaran mencakup 10 hektare kawasan hutan itu. | ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid
Terhitung 35 hektare lahan gambut yang berlokasi di Jalan Marhaban, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, habis dilalap api yang mengakibatkan kebulan asap disekitaran daerah tersebut.

"Karena luasnya, sampai saat ini kita masih berupaya untuk memadamkan apinya. Kebakaran ini sudah terjadi sejak Rabu kemarin dan kita terus berupaya memadamkannya di mana kami melibatkan tim gabungan yang terdiri dari Manggala Agni, TNI, Polri dan BPBD," kata Kepala Daerah Operasi Manggala Agni Singkawang, Yuyu Wahyudin di Singkawang, Jumat (22/3/2019).

Dia menjelaskan, lahan yang terbakar merupakan lahan gambut yang ditumbuhi tanaman resam, pakis dan akasia.
"Luas lahan yang terbakar sekitar 35 Hektare, namun yang berhasil dipadamkan baru sekitar 0,8 Hektare dan pada hari ini akan terus dilakukan pemadaman lanjutan," tuturnya.

Menurutnya, lahan yang terbakar itu merupakan milik masyarakat dan masih belum diketahui apa penyebab kebakaran.

Untuk personel yang dikerahkan dalam melakukan pemadaman, antara lain, 10 orang dari Manggala Agni Daops Singkawang, Camat Singkawang Selatan, Danramil 1020/04 dan empat Anggota Koramil Sedau, Kapolsek Singkawang Selatan beserta anggota sebanyak 11 personel.

Sementara peralatan yang digunakan untuk pemadaman, satu unit mobil personel, tiga unit sepeda motor KLX, dua unit mesin pompa mark3, 25 gulung selang pengantar, dua unit nozel, tiga buah kepyok dan tiga Jet soter.

Informasi kejadian kebakaran, katanya, didapatkan laporan dari anggota yang sedang melakukan Patroli Terpadu untuk melakukan "Ground Check Hotspot" di Kelurahan Sedau.

"Pada saat pengecekan, mereka menemukan kejadian kebakaran hutan dan lahan. Kemudian saya langsung memerintahkan personel Manggala Agni Daops Singkawang untuk melakukan operasi pemadaman darat di lokasi tersebut," katanya.

Yuyu menambahkan,  pihaknya kesulitan untuk memadamkan kebakaran karena saat kejadian tiupan angin cukup kencang.

"Sehingga api semakin membesar, sementara sumber air dengan lokasi kebakaran sangat jauh, begitu pula dengan medan berat dan kondisi gambut yang dalam," jelasnya.

Yuyu mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Singkawang, untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan.

"Misalkan membuka lahan pertanian dengan cara melakukan pembakaran hutan, membuang puntung rokok sembarangan maupun membuat titik api dekat lahan atau hutan yang mudah terbakar," pintanya.[] 
Sumber: akurat.co
Share:

1 komentar:

  1. Ayo segera bergabung dengan kami di ION.pk.org>:)
    add pin bb 58ab14f.......
    Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama WWW.ION.PK.ORG. :)

    BalasHapus

BTemplates.com

Blog Archive