Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019

Akhirnya Presiden Baru Kazakhstan Resmi Dilantik

Presiden Kazakhstan ke-2, Kassym-Jomart Tokayev, disumpah pada hari Rabu (20/3) | AFP
Pada hari Rabu (20/3) waktu setempat, negara Kazakhstan, baru saja melantik Kassym-Jomart Tokayev sebagai presiden baru, menggantikan pemimpin sebelumnya yang mengundurkan diri.
Dilansir dari AFP, presiden ke-2 Kazakhstan ini dilantik dalam sebuah upacara megah kurang dari 24 jam usai Nursultan Nazarbayev tiba-tiba mengumumkan pengunduran dirinya.
Pria 65 tahun ini akan menyelesaikan masa bakti Nazarbayev hingga tiba saatnya pemilihan presiden berikutnya pada bulan April 2020. Meski begitu, sang mantan presiden yang sudah berkuasa selama 3 dekade tetap punya pengaruh yang signifikan.
Di depan para anggota parlemen, pria yang lahir di Almaty ini memuji kebijaksanaan Nazarbayev yang memutuskan untuk mundur. Pasalnya, langkah ini jarang terjadi di negara Asia Tengah bekas Uni Soviet di mana sebagian besar pemimpin lainnya tetap berkuasa sampai mati.
"Kemarin dunia menjadi saksi peristiwa bersejarah. Kini semua orang bisa melihat hasil kemerdekaan Kazakhstan," ucap Tokayev yang memuji Nazarbayev sebagai tokoh reformasi visioner.
Meski begitu, sang mantan presiden tetap akan menikmati kekuasaan signifikan sebagai 'Pemimpin Bangsa' berkat status konstitusional negara itu. Status konstitusional itu memberinya posisi seumur hidup sebagai ketua dewan keamanan dan pemimpin Partai Nur Otan yang mendominasi kekuasaan.
Tokayev kini menjabat sebagai presiden hingga para senator memberikan suaranya pada pemilihan presiden berikutnya. Nama Dariga Nazarbayeva pun disebut-sebut akan menjadi pemimpin baru mereka.
Ketua Senat Kazakhstan ini dinilai paling menonjol dalam bidang politik dari ketiga anak sang mantan presiden yang telah lama digadang-gadang menjadi calon penerus. Wanita 55 tahun ini juga dikabarkan punya pengaruh besar terhadap media.
Di sisi lain, para pengamat menilai masih terlalu dini untuk memprediksi presiden terpilih berikutnya. Pasalnya, Perdana Menteri Kazakhstan, Askar Amin akhir-akhir ini juga disebut-sebut menjadi pesaing yang kuat. []
Sumber: akurat.co
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive