Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Senin, 11 Maret 2019

Gempa Bumi 5,5 SR di Aceh Singkil Terasa Hingga ke Kepulauan Nias

Gempa bumi bermagnitudo 6,7 mengguncang pantai pusat utara Chili pada hari Sabtu (19/1) pukul 22.32 waktu setempat | CDPH

Gempa Bumi berkekuatan 5,5 Skala Richter (SR) Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh pada pukul 20.25 WIB malam tadi terasa hingga ke Kepulauan Nias, Sumatera Utara, Senin (11/3/2019) malam.
Getaran gempa sempat membuat panik warga di Lima Kabuoaten/Kota yang ada di Kepulauan Nias, tetapi hingga saat ini belum ada informasi terjadi kerusakan.
Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Gunungsitoli Djati Kuncoro menegaskan kalau gempa di wilayah Kabupaten Aceh Singkil adalah gempa bumi tektonik dan tidak berpotensi tsunami. 
"Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M=5,5 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,3," jelasnya.
Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,96 LU dan 97,82 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 34 km arah selatan Kota Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, Propinsi Aceh pada kedalaman 52 km.
Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, menurut dia gempa bumi yang terjadi termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal.
"Gempa terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia, tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera," tutupnya.[]
Sumber: akurat.co
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive