Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Rabu, 03 April 2019

Menlu AS Peringatkan Turki Untuk Tidak Serang Suriah karena Alasan Ini

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo | REUTERS
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo memperingatkan Turki bahwa menyerang Suriah akan membawa konsekuensi yang menghancurkan. Peringatan tersebut disampaikan oleh Pompeo kepada Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.
"Menteri Pompeo menyatakan dukungan untuk perundingan yang sedang berlangsung mengenai bagian timur laut Suriah, sementara memperingatkan kemungkinan konsekuensi yang menghancurkan dari tindakan militer Turki sepihak di kawasan itu," kata Departemen Luar Negeri dalam sebuah pernyataan, dilansir dari laman Channel News Asia, Kamis (4/4).
Turki telah sejak lama berencana untuk menyerang pasukan Kurdi SDF di Suriah selepas penarikan pasukan Amerika Serikat di negara tersebut. Alasannya adalah karena pasukan Kurdi berafiliasi dengan separatis PKK di Turki.
Hal ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan pasukan Kurdi sehingga mereka meminta Amerika Serikat menunda penarikan pasukannya.
Dalam sebuah forum NATO, Cavusoglu secara terang-terangan menjawab saat ia ditanya apakah Amerika Serikat memiliki kebijakan di Suriah.
"Tidak, dan itu adalah masalahnya," jawab Cavusoglu.
Hubungan Turki dan Amerika Serikat sendiri tengah meruncing akibat pembelian rudal S-400 oleh Turki dari Rusia. Amerika Serikat protes dan mengatakan rudal tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi NATO. Paman Sam juga mengancam akan menangguhkan pengiriman pesawat tempur F-35 yang dipesan Turki. []
Sumber: akurat.co
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive