Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Senin, 01 April 2019

Berita Hoax di WhatsApp Warnai Pemilu India

Aplikasi Whatsapp, Messenger dan Instagram. | Getty Images
Jelang berlangsungnya pemilu di India, berita bohong (hoax) yang penyebarannya dilakukan melalui aplikasi perpesanan WhatsApp dikabarkan marak terjadi di negeri tersebut. Analis menilai tidak banyak upaya yang dilakukan pemerintah dan Facebook selaku perusahaan yang menaungi WhatsApp untuk menghalau penyebaran hoax.
Para analis menilai fenomena ini adalah tantangan bagi perusahaan milik Mark Zuckerberg dan pemerintah di negara dengan penduduk lebih dari 1,3 miliar jiwa tersebut.
Shivam Shankar Singh, mantan konsultan data partai penguasa mengungkapkan bahwa partai-partai politik di India menggunakan WhatsApp untuk menyebarkan berita-berita hoax. Penyebarannya dilakukan dengan cara membentuk grup terlebih dahulu berdasarkan kasta, tingkat pendapatan, dan agama, kemudian diberikan berita yang nantinya oleh anggota grup lainnya akan disebarkan secara berantai.
"India sekarang adalah negara termurah di dunia untuk menyebarkan berita palsu," kata analis Counterpoint Tarun Pathak, dilansir dari laman Fox News, Selasa (2/4).
Banyaknya orang yang baru mengenal teknologi serta rendahnya literasi disebut Tarun sebagai penyebab utama maraknya hoax di India.
Beberapa pesan hoax WhatsApp yang beredar belakangan adalah video pesawat tempur yang meledakkan gedung-gedung di perbatasan India-Pakistan. Video itu dikatakan sebagai pesawat India, pada kenyataannya video tersebut merupakan cuplikan dari video game. Ada pula berita hoax tentang bergabungnya ayah dari pilot India yang ditangkap ke partai oposisi.[]
Sumber: akurat.co
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive