Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Minggu, 10 Februari 2019

Terkenal Menentang Perang Irak, Politisi AS Walter Jones Wafat di Usia 76 Tahun

Salah satu anggota senior Kongres Republikan asal North Carolina, Walter B. Jones, dikabarkan telah wafat tepat pada hari ulang tahunnya yang ke 76.
Jones telah melayani Amerika Serikat (AS) sebagai anggota Kongres selama hampir seperempat abad. Jones terpilih sebagai anggota Kongres untuk pertama kalinya pada tahun 1994, awalnya ia merupakan politisi Partai Demokrat sebelum beralih ke Republikan.
"Dia adalah juara bagi pria dan wanita berseragam kita (militer) dan keluarga mereka, selalu memperhatikan pelayanan dan pengorbanan mereka," ungkap pernyataan yang dibacakan dalam upacara berkabungnya, dilansir dari laman New York Daily News, Senin (11/2).
"Anggota Kongres Jones akan dikenang karena kejujuran, keyakinan, dan integritasnya. Dia tidak pernah takut untuk mengambil sikap berprinsip," tambah pernyataan tersebut.
Walter Jones terkenal karena keputusannya menentang Perang Irak pada masa pemerintahan George Bush. Ia berubah pikiran setelah memberikan voting "ya" terhadap Perang Irak pada tahun 2002 lalu.
"Saya tidak melakukan apa yang seharusnya saya lakukan untuk membaca dan mencari tahu apakah Bush mengatakan kebenaran kepada kami tentang Saddam Hussein yang bertanggung jawab atas 9/11 dan memiliki senjata pemusnah massal," kata Jones pada 2015.
"Karena saya tidak melakukan pekerjaan saya saat itu, saya membantu membunuh 4.000 orang Amerika, dan saya akan mati menyesali hal itu," tambahnya.
Dia akhirnya menandatangani lebih dari 11.000 surat kepada keluarga pasukan yang tewas, menggambarkannya sebagai semacam penebusan dosa.
"Bagi saya, itu adalah tanggung jawab sakral bahwa saya harus menyampaikan belasungkawa kepada keluarga," kata Jones dalam wawancara tahun 2017 dengan The Associated Press.
"Dan itu sangat istimewa bagi saya karena kembali pada penyesalan saya bahwa saya memilih untuk mendukung Perang Irak," tambahnya.
Pada kesempatan lainnya, ia mengatakan:
"Saya ingin mereka tahu bahwa hati saya sakit ketika hati mereka sakit," ungkapan ini dinyatakan setelah penandatanganan 11.000 surat.
Jones juga membuat memorial di luar kantornya yang berisi para prajurit yang gugur yang dikirim dari Camp Lejeune, sebuah pangkalan Korps Marinir AS.
Politisi yang terpilih kembali pada pemilu 2018 tersebut mengatakan menggunakan masa jabatannya untuk "menebus dosa" Perang Irak.
Jones sendiri telah absen dari Kongres untuk mendapat perawatan medis sejak akhir 2018.[]
Sumber: akurat.co
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive