Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Rabu, 26 Februari 2020

Memasuki Hari ke 12, BATAN Lanjutkan Proses Coring Terhadap Lahan Terpapar Zat Radioaktif

Tim Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) dan Tim Teknis Kimia Biologi Radioaktif (TKBR) Gegana Brimob Mabes Polri melakukan Dekontaminasi terhadap temuan paparan tinggi radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (16/2/2020). Dekontaminasi dilakukan dengan mengambil tanah dan tumbuhan yang terpapar radioaktif untuk dibawa ke Lab Nuklir untuk mengetahui tingkat keamanan paparan tinggi radioaktif di kawasan tersebut. | ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Rabu (26/2), Rektor Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Prof. Dr. Suwarto, MS, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Penandatanganan tersebut dilakukan UNSOED dalam rangka mengembangkan kemitraan strategis dengan lembaga-lembaga terkemuka, seperti LAPAN.
“Kami berharap, MoU ini dapat memberikan manfaat bagi kedua institusi yang muaranya dapat membawa kesejahteraan masyarakat,” tutur Soewarno, di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat UNSOED.
Dalam kesempatan tersebut, Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, juga menjelaskan bahwa kerja sama tersebut dapat mengembangkan sektor pembangunan, khususnya di bidang Sains dan Teknologi penerbangan Antariksa.
“Saya berharap dengan terjalinnya kerja sama ini dapat semakin mengembangkan sektor pembangunan berbasis Iptek dan penerbangan Antariksa,” ujarnya.
Thomas juga berharap, melalui kerja sama tersebut dapat saling meningkatkan kapasitas masing-masing pihak supaya dapat mencapai tujuan yang maksimal. LAPAN sendiri sudah menetapkan tujuh pusat teknis pengembangan Iptek yang berkaitan dengan bidang kerja sesuai dengan visinya, yakni menjadi pusat unggulan pengembangan ilmu pengetahuan.
Tujuh pusat teknis pengembangan Iptek tersebut terangkum dalam 4 kompetensi Sains dan 3 kompetensi Teknologi, di antaranya pusat Teknologi dan Sains atmosfer, pusat Sains Antariksa, pusat data dan Teknologi penginderaan jauh, pusat pemanfaatan penginderaan jauh, pusat Teknologi roket, pusat Teknologi satelit, dan pusat Teknologi penerbangan.
Sumber: akurat.co
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive