Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Senin, 28 September 2020

Update Corona Bandung 27 September 2020, 13 Kasus Baru Positif Covid -19

 

Sumber Foto: ayobandung.com

Kasus jumlah positif virus corona atau Covid-19 di Kota Bandung terus bertambah signifikan. Setelah sebelumnya mencatatkan penambahan 10 kasus positif Covid-19, pada Minggu (27/9/2020) ada 13 kasus positif baru di Kota Bandung. Angka ini membuat jumlah total kasus menjadi 1.248 kasus atau bertambah 21 kasus dari data sebelumnya.

Merujuk situs web https://covid19.bandung.go.id/ yang masih terbatas dalam menyampaikan data, juga diketahui bahwa jumlah kasus meninggal bertahan di angka 55 kasus.

Informasi lain yang bisa diketahui per hari ini adalah jumlah total suspek yang terus bertambah secara signifikan, mencapai 7.650 kasus dengan 300 kasus di antaranya sedang dalam tahap pemantauan. Sementara itu, jumlah kasus kontak erat secara akumulatif mencapai 4.677 kasus dengan 336 kasus di antaranya saat ini berada dalam tahap pengawasan.

Dari rincian data per kecamatan, bisa diketahui bahwa Cicendo, dengan 86 kasus, masih merupakan kecamatan dengan jumlah kasus positif terbanyak. Ada penambahan 1 kasus positif di kecamatan ini. Sementara itu, kecamatan dengan jumlah kasus positif terkecil adalah Bandung Wetan dengan 11 kasus.

Situs web juga menampilkan rincian data per kelurahan. Diketahui, Sukaraja merupakan kelurahan dengan jumlah kasus terkonfirmasi terbanyak, mencapai 35 kasus, disusul Kelurahan Cijagra dengan 32 kasus. Artinya, ada penambahan satu kasus positif di Sukaraja.

Tercatat saat ini sebanyak 146 kelurahan, atau 96,69 persen dari seluruh kelurahan di Kota Bandung, tercatat memiliki kasus positif Covid-19 terkonfirmasi.Hanya 5 kelurahan yang terbebas dari pandemi ini.  

Kota Bandung saat ini juga masih menerapkan  Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang diperketat, Satgas Penaganan Covid-19 melakukan beberapa langkah pengawasan dan penindakan, termasuk pembubaran kerumunan dan penutupan beberapa akses jalan.

Tentang ketersediaan ruang isolasi di Bandung, Pemkot menyatakan bahwa jumlahnya di puluhan rumah sakit masih memadai. Okupansinya di kisaran 30-40 persen.

Protokol kesehatan

Sumber data terkini Covid-19 Kota Bandung berasal dari dokumen Laporan Harian Covid-19 Dinas Kesehatan Kota Bandung yang disampaikan ke Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Data bersifat dinamis berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi yang dilaksanakan oleh petugas Dinas Kesehatan dan puskesmas di wilayah-wilayah di Kota Bandung.

Virus corona diketahui menular melalui kontak dengan droplet saluran napas penderita. Droplet merupakan partikel kecil dari mulut penderita yang mengandung kuman penyakit, yang dihasilkan pada saat batuk, bersin, atau berbicara. Penularan rentan terjadi dalam jarak hingga 1 meter.

Untuk menekan angka penyebaran Covid-19, masyarakat diajak untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Di antaranya, memakai masker, menghindari kerumunan, serta rajin mencuci tangan.

Sumber: ayobandung.com

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive