Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Rabu, 16 September 2020

Pemkot Bandung Diminta Permudah Akses Tes Swab Untuk Warga

 

Sumber Foto: ayobandung.com

Kasus positif Covid-19 yang terus berkembang di Kota Bandung,  membuat Pemerintah Kota Bandung terus meningkatkan intensitas jumlah pengetesan swab bagi para warga. Meski demikian, pengetesan tersebut dinilai belum dapat diakses secara merata.

Ketua DPRD Kota Bandung Teddy Rusmawan mengatakan, kemudahan akses masyarakat untuk mendapatkan tes swab menjadi hal yang krusial. Pasalnya, mobilitas warga di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) semakin meningkat.

"Sebaiknya Dinas Kesehatan Kota Bandung beri layanan untuk masyarakat yang punya gejala, untuk dipermudah daftar swab. Langsung saja warga mendaftar ke Dinkes," ungkapnya kepada Ayobandung.com belum lama ini.

Bila akses tidak dipermudah, ia mengatakan, hal tersebut berpotensi membuat jumlah kasus positif yang tersembunyi semakin banyak.

"Ketika pemkot tidak punya kesiapan dalam pengetesan, hal ini akan menyebabkan semakin banyaknya hidden patient. Situasinya memang cukup sulit," ungkapnya.

Ia mengatakan, upaya Pemkot Bandung untuk menggencarkan tes swab di kalangan ASN merupakan hal yang patut diapresiasi. Hal serupa juga sebaiknya diterapkan untuk masyarakat umum.

"Di ASN kasusnya sudah bukan lagi gunung es karena memang setiap dinas sudah didatangi. Di masyarakat boleh jadi belum seluruhnya dapat perhatian," ungkapnya.

Selain itu, ia berharap Pemkot Bandung juga segera menambah jumlah ruang isolasi bagi pasien positif Covid-19. Hal ini untuk mengantisipasi ruang isolasi di rumah sakit rujukan bila sudah mulai overload.

"Pemkot harus segera tambah ruangan isolasi untuk antisipasi adanya peningkatan (pasien positif Covid-19). Di RSKIA sebagai salah satu RS rujukan Covid-19 saat ini sudah penuh dan harus dikonsolidasikan dengan rumah sakit-rumah sakit lainnya," ungkapnya.  

Sumber: ayobandung.com

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive