Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Senin, 07 September 2020

Kabupaten Bandung Berhasil Ekspor 30 Ton Ubi ke Hongkong per Bulan

 

Sumber Foto: ayobandung.com

Salah satu produk andalan pertanian di Kabupaten Bandung, ubi jalar, mampu tembus pasar internasional. Puluhan ton ubi jenis rancim tersebut diekspor ke Hongkong setiap bulannya.

Pelepasan ekspor ubi jalar asal Kabupaten Bandung dilakukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Kecamatan Arjasari, Selasa (8/9/2020).

Ridwan Kamil mengatakan, setiap bulan tidak kurang dari 30 ton ubi jalar yang diekspor ke Hongkong. Artinya dalam setahun petani di Arjasari akan mampu mengekspor ubi sebanyak 360 ton.

"Ubi dari sini dijadikan tepung untuk bahan baku kue dan es krim di Hongkong," tutur Ridwan Kamil.

Gubernur yang akrab disapa Emil tersebut berpesan agar petani dan koperasi menjaga kualitas supaya ekspor ubi jalar bisa berjalan lancar tanpa ada penolakan dari negara tujuan.

"Ada kejadian, produk petani tidak diterima karena ada serangga. Makanya harus dijaga kualitasnya, bersihkan sejak dari petani juga koperasi," ujarnya.

Selain itu, Emil meminta eksportir bisa mencari negara tujuan lain yang memiliki karakter sama seperti Hongkong. Dengan begitu, ekspor ubi jalar bisa meningkat.

"Kalau hari ini kita ekspor ke Hongkong, tolong dicari negara lain yang punya gaya hidup dan kebutuhan ubi jalar seperti hongkong," tuturnya.

Sumber: ayobandung.com

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive