Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Selasa, 15 September 2020

Gelar Operasi Yustisi, Warga Wajib Pakai Masker

 

Sumber Foto: ayobandung.com

Operasi Yustisi digelar oleh Petugas kepolisian bersama anggota TNI Inpres nomor 6 Tahun 2020. Operasi Yusitisi bertujuan untuk mendisiplikan warga agar selalu memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi A Chaniago mengatakan, dalam Operasi Yustisi Inpres nomor 6 Tahun 2020, sebanyak 210 personel dilibatkan.

“Kami melaksanakan perintah dari Pak Kapolri untuk melakukan pemantauan pendisiplinan. Kemudian, melihat anggota melakukan razia di pinggir jalan. Jadi, orang-orang yang tidak bermasker itu dikenakan pendataan terlebih dahulu," ujarnya, Rabu (16/9/2020).

Bagi pengguna jalan yang tidak memakai masker, nantinya petugas akan melakukan pendataan terhadap pelanggar.

"Saat ini kita melakukan pendataan terlebih dahulu, kemudian apabila yang bersangkutan melakukan perbuatan yang sama, ini akan dilakukan tindakan tegas. Bahkan apabila yang bersangkutan melawan ke petugas, maka akan dikenakan UU berdasarkan KUHP tentang melawan kepada petugas," kata Erdi.

Petugas yang melakukan operasi yustisi pun memberikan masker kepada pengguna jalan.  "Kita melakukan pendisiplinan kepada masyarakat yang berada di jalan, terutama kita mendisiplinkan 3M yaitu menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan," katanya

"Anggota yang bertugas pun melakukan pemeriksaan ke pengguna jalan yang tidak bermasker, lalu memberikan masker kepada pengguna jalan tersebut."

Erdi menjelaskan, kegiatan ini berkaitan tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, dalam pencegahan dan pengendalian Virus Covid-19.

“Inpres nomor 6 Tahun 2020 ini memberikan landasan hukum bagi upaya penanganan situasi pandemi Covid-19, serta meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. Selain itu, Inpres ini membuktikan keseriusan pemerintah untuk menekan angka penyebaran Covid-19," jelasnya.

Sumber: ayobandung.com

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive