Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Jumat, 11 September 2020

BLT Tahap 3 Cair, Berikut Cara Cek Lewat WA dan SMS

 

Sumber Foto: whatsapp.com

Tahap 3 akan di transfer, Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) akan ditransfer hari ini, Jumat (11/9/2020). 

Masyarakat yang belum mendapatkan BLT tahap 1 dan 2 bisa cek untuk mengetahui dapat atau tidak subsidi upah tahap ketiga ini.

Hal tersebut ditegaskan Menteri Ketenagakerjaan (Menaket) Ida Fauziyah setelah menerima daftar bantuan subsidi upah oleh gaji/upah (BSU) tersbut pada Selasa 8 September 2020.

Sehingga BLT tahap ketiga bakal cair sesuai petunjuk teknisnya (juknis) setelah menerima data akan diverifikasi kembali selama empat hari.

"Ya, kalau di juklak (petunjuk pelaksanaan) dan juknisnya (petunjuk teknis) kami ada waktu 4 hari untuk melakukan checklist. Jadi kalau dihitung empat hari (sejak) kemarin berarti Jumat ya (ditransfer)," katanya dalam siaran pers, Rabu, (9/9/2020).

Setelah diverifikasi, data tersebut diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kementerian Keuangan. Kemudian, kemudian KPPN menyerahkan ke Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Bagi pekerja bergaji di bawah Rp5 juta yang belum dapat BSU atau BLT pada tahap pertama dan kedua bisa mengecek kepesertaannya menerima atau tidak melalui web, sms, dan WhatsApp:

Melalui Web
1. Masuk ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
2. Masukkan alamat email di kolom user.
3. Masukkan kata sandi.
4. Setelah masuk, pilih menu layanan.
5. Pada menu layanan, pilih cek saldo Jaminan Hari Tua (JHT).
6. Masukkan PIN yang telah dikirim melalui SMS.
7. Saldo kalian akan ditampilkan.

1. Masuk ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
2. Pilih menu registrasi.
3. Isi formulir sesuai dengan data nomor kartu kepesertaan BPJamsostek aktif, nama, tanggal lahir, nomor e-KTP, nama ibu kandung, nomor ponsel, dan email.
4. Apabila berhasil, kalian akan mendapatkan PIN.
5. PIN dikirim melalui email dan SMS dari nomor ponsel yang didaftarkan.

Melalui SMS

Sebenarnya, cara cek melalui SMS diperuntukkan untuk mengecek besaran saldo JHT.

Namun, pengecekan saldo JHT juga bisa digunakan sekaligus untuk mengetahui apakah status kepesertaannya masih aktif atau tidak.

1. Ketik pada layar HP:
2. DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor
3. KTP#NAMA#Tanggal lahir#Nomor peserta#Email (jika ada), kemudian kirim SMS ke 2757.
4. Untuk tanggal lahir gunakan format dd-mm-yy

Melalui WhatsApp

Selain melaui web dan SMS Anda dapat mengecek lewat Whatsapp dengan nomor 08119115910 atau 08551500910.

Diketahui, pada akhir September 2020 pemerintah berupaya menyelesaikan penyaluran subsidi upah kepada 15,7 juta pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta per bulan.

Hingga saat ini, sudah ada total 9 juta data mulai gelombang 1, 2 dan 3 yang telah diterima oleh Kemnaker. Penyaluran bantuan subsidi upah diberikan kepada pekerja atau buruh sebesar Rp600 ribu per bulan selama empat bulan yang akan diberikan setiap dua bulan sekali. Artinya, satu kali pencairan, pekerja akan menerima uang subsidi sebesar Rp1,2 juta. 

Diketahui, BSU atau BLT ini adalah salah satu upaya pemerintah dalam mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) akibat pandemi Covid-19. 

Sumber: ayobandung.com

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive