Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Rabu, 30 September 2020

Awas Kena Penipuan! Berikut Pengumuman Prakerja Gelombang 10

 

Sumber Foto: ayobandung.com

Jika anda sedang menantikan pengumuman prakerja gelombang 10, dihimbau untuk selalu waspada karena terdapat sejumlah modus penipuan mengenai program prakerja tersebut.

Merujuk pada gelombang sebelumnya, pengumuman kartu prakerja gelombang 10 diprediksi sudah bisa diterima maksimal 3 hari setelah penutupan pendaftaran. Artinya, kemungkinan, peserta akan mendapatkan pengumuman prakerja gelombang 10 sejak Selasa, 29 September 2020 hingga 1 Oktober 2020.

Lantas, apa modus penipuan dalam prakerja?

Panitia, melalui prakerja.go.id, mengimbau para pendaftar prakerja untuk berhati-hati. Hal ini karena adanya situs-situs lain yang mirip, seperti Prakerja.id yang tidak terafiliasi dengan program kartu prakerja.

“Kami juga meminta para pendaftar untuk berhati-hati jika menerima email dari alamat domain yang bukan prakerja.go.id. Kami mohon agar email-email seperti itu diabaikan atau dilaporkan sebagai spam,” kata panitia, 14 April 2020.

Program Kartu Prakerja, lanjutnya, tidak memungut biaya apapun dalam proses pendaftaran.

“Kami imbau agar para pendaftar juga selalu berhati-hati jika ada permintaan untuk membayar atau mentransfer sejumlah dana demi mendapatkan Kartu Prakerja,” katanya.

Sementara itu, melalui unggahan Instagram, Senin (28/9/2020), panitia kartu prakerja menegaskan bahwa pengumuman prakerja gelombang 10 akan disampaikan melalui SMS.

“Peserta yang lolos akan mendapat SMS pemberitahuan ke nomor yang terdaftar pada akun Prakerja milik Sobat! Pastikan Sobat tetap menggunakan nomor HP tersebut, ya,” tulis akun prakerja.go.id.

Bagi peserta yang lolos, SMS pemberitahuan berisi ucapan selamat telah diterima di program Kartu Prakerja gelombang 10.

Sayangnya, peserta yang tidak lolos tidak akan menerima SMS dari prakerja.

Cara Lain Mengetahui Pengumuman Kelolosan

Selain mendapatkan pengumuman prakerja gelombang 10 melalui SMS, Anda bisa mengecek pengumuman di web Kartu Prakerja www.prakerja.go.id. Begini caranya.

1. Klik www.prakerja.go.id

2. Klik “Masuk” di bagian kanan atas situs web

3. Login dengan email dan password yang Anda gunakan ketika mendaftar prakerja gelombang 10.

4. Setelah masuk, Anda akan mengetahui lolos atau tidak dalam program kartu prakerja selain lewat SMS.

Jika lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 10, peserta akan dapat melihat nomor Kartu Prakerja, status saldo, serta nomor akun e-wallet yang sudah didaftarkan pada dasboard akun Kartu Prakerja.

Jika tidak lolos juga akan mendapatkan notifikasi pada dasboard akun Kartu Prakerja berupa keterangan "Kamu Belum Berhasil".

Hanya 116.261 yang Lolos

Total penerima Kartu Prakerja setelah ditutupnya pendaftaran gelombang 9 pada Senin (21/9/2020) mencapai 5.480.918, atau 98% dari total kuota tahun 2020 sebesar 5.597.183 orang.

Sisanya, 116.261 kuota, akan diserap melalui pendaftaran gelombang 10.

Sumber: ayobandung.com

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive