Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Senin, 13 April 2020

30 Tahun Tertutup Polusi, Lockdown Bikin Himalaya Tampak dari India Utara


Pegunungan Himalaya kini terlihat dari Pathankot, Punjab | Twitter/parashrishi

Warga di India utara kini bisa melihat pemandangan pegunungan Himalaya untuk pertama kalinya dalam 30 tahun terakhir. Fenomena ini terjadi berkat anjloknya polusi udara akibat Lockdown untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Dilansir dari Standard UK pada Selasa (14/4), warga yang tinggal di Jalandhar, Punjab, mengunggah potret pegunungan Himalaya dari atap rumah dan jalanan. Mereka takjub akan pemandangan yang selama 30 tahun terakhir ini tertutup pekatnya polusi udara.

Negara berpenduduk 1,3 miliar jiwa ini telah memulai Lockdown atau pembatasan terbesar di dunia pada 25 Maret lalu demi memutus penyebaran virus corona. Pabrik, pertokoan, dan rumah ibadah ditutup, sedangkan semua proyek konstruksi dihentikan. Akibatnya, terjadi perubahan dinamika kehidupan yang kemudian berdampak pada turunnya tingkat polusi udara. Pemandangan yang selama ini terselubung pekatnya asap pun kini terbuka. 

Warganet India ramai-ramai mengunggah potret pegunungan Himalaya yang selama 30 tahun terakhir ini tak pernah terlihat dari Punjab. Beberapa potret bahkan diambil dari jarak 160 km lebih.

Tingkat kualitas udara di India biasanya lima kali lipat melebihi ambang batas keamanan yang ditetapkan WHO. Namun, kebijakan Lockdown telah meningkatkan kualitas udara secara drastis, menurut Badan Pengendalian Polusi Pusat India.

Sementara itu, unggahan online dari kantor Perdana Menteri Narendra Modi menyebut rapat dengan para menteri utama telah membuahkan hasil. Tampaknya ada kesepakatan untuk memperpanjang Lockdown selama 2 minggu ke depan.


Sumber: akurat.co

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive