Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Selasa, 15 Oktober 2019

15 Oktober 1582, Kalender Gregorian Mulai Diberlakukan

Detail di makam Paus Gregorius XIII menggambarkan perayaan pengenalan kalender Gregorian | WIkipedia
Hari ini, 437 tahun yang lalu merupakan hari yang mengubah sistem penanggalan dan tahun di seluruh dunia. Tanggal 15 Oktober 1582 adalah hari di mana kalender Gregorian mulai berlaku.
Berlakunya kalender Gregorian didasarkan pada keputusan Paus Gregorius XIII. Kalender tersebut menghitung tahun berdasarkan periode Bumi mengitari matahari.
Penciptaan sistem kalender Gregorian mulanya dilakukan untuk menyelaraskan kembali kalender dengan ekuinoks, dan siklus bulan digunakan untuk menetapkan kapan merayakan Paskah serta sebagai bentuk koreksi terhadap Kalender Julian yang diciptakan Julius Caesar dari Romawi.
Sistem kalender ini mulanya digunakan oleh negara-negara Katolik Eropa dan ditolak oleh kelompok protestan dan Ortodoks. Mereka mencurigai bahwa penciptaan sistem kalender tersebut adalah bagian dari konspirasi Katolik untuk mengembalikan umat ke Katolik.
Namun tiga abad kemudian negara-negara Kristen Protestan dan Ortodoks turut mengadopsi sistem kalender Gregorian. Yunani menjadi negara terakhir yang melakukan pengadopsian itu, tepatnya pada tahun 1932.
Kalender Gregorian adalah kalender matahari. Satu tahun Gregorian terdiri dari 365 hari, seperti dalam kalender Julian, tahun kabisat ditambahkan ke Februari. Dalam kalender Julian satu tahun kabisat terjadi setiap 4 tahun, tetapi kalender Gregorian menghilangkan 3 hari kabisat setiap 400 tahun.
Tag: Yunani, Kalender Gregorian, Paus Gregorius XIII
Sumber: akurat.co
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive