Situs Blog Berita, Ya Blogger Berita Indonesia.

Selasa, 06 Oktober 2020

Khasiat Jus Nanas yang Bisa Redakan Batuk secara Alami

 

Sumbeer Foto: ayobandung.com

Bukan sekadar buah yanng manis rasanya, buah nanas merupakan salah satu buah yang memiliki banyak vitamin untuk meningkatkan kesehatan bagi tubuh. Bahkan nanas bisa digunakan sebagai obat batuk rumahan.

Jus nanas dinilai lima kali lebih efektif mengatasi batuk. Meskipun ada beberapa penelitian medis seputar jus nanas, masih perlu bukti lebih banyak lagi mengenai efektivitasnya sebagai obat batuk rumahan.

Sebuah penelitian dari Institut di India tahun 2010 silam dilansir dari Medical News Today, membuktikan bahwa jus nanas adalah alternatif obat batuk rumahan yang paling efektif. Karena, nanas mengandung bromelain, sejenis enzim yang memiliki siifat anti-inflamasi dan mengurangi rasa sakit. Kandungan bromelain ini bisa membantu meringankan gejala asma dan masalah pernapasan lainnya, termasuk mengencerkan lendir.

Sebenarnya, bromelain bukan kandungan yang dikhususkan untuk meredakan batuk. Tapi, sifat-sifat dalam nanas itulah yang bisa membantu mengurangi gejala batuk.

Selain bromelain, nanas juga mengandung beberapa phytochemical, seperti asam coumaric, asam ferulic, asam chlorogenic dan asam ellagic. Nanas juga memiliki vitamin C, mangan, thiamin, riboflavin, pyridoxine, tembaga dan serat makanan.

Konsumsi nanas secara teratur bisa meningkatkan konsumsi phytochemical dan mikronutrien, dua hal yang bisa memengaruhi imunologis dan membantu meningkatkan kesehatan fisik anak.

Jika ingin menggunakan jus nanas sebagai obat batuk rumahan, Anda bisa mencampurkan jus nanas dengan madu, jahe, dan garam.

Bahkan Anda bisa menambahkan cabai rawit untuk membantu mengeluarkan lendir. Sedangkan, madu dan jahe bisa membantu menenangkan tenggorokan karena memiliki sifat antiinflamasi.

Anda bisa minum 1/4 gelas minuman jus nanas ini sebanyak 3 kali sehari untuk mengobati batuk secara alami. Tapi, Anda tidak disarankan untuk menambahkan madu mentah dalam jus nanas ini.

Sumber: ayobadung.com

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com

Blog Archive